mencegah lubang pada buah jeruk Pamelo tanpa Pestisida

Hai sobat petani indonesia,bagaimana kabarnya? Semoga senantiasa diberikan kesehatan amin.

Lama tidak nulis artikel karena kesibukan pekerjaan, banyak permintaan dari rekanan yang suplay buah ke supermarket, tiap hari musti bolak balik ke expedisi buat kirim barang, maklum lah belum punya karyawan banyak jadi musti sebagian di hendle sendiri.

Pada artikel kali ini saya akan sedikit kasih tips tentang Cara Mencegah Lubang Pada Buah Jeruk Pamelo Madu.




Seperti kita tau bahwa terkadang kita menemukan buah jeruk pamelo madu ada yang berlubang, dan pastinya kita mengira dalamnya pasti busuk padahal lubang itu belum tentu sampai ke daging buahnya yang bisa mengaibatkan busuk tersebut.

Penampilan memang berpengaruh pada nilai jual, begitu juga dengan buah, buah dengan cacat fisik seperti lubang ataupun goresan akan mebuat nilai jual buah tersebut menjadi rendah. Pengalaman dari kami memang untuk buah yang mempunya cacat fisik seperti itu biasanya tidak masuk kriteria seperti supermarket dan swalayan besar jadi biasanya buah yang di sortir dan penampilanya kurang bagus dengan harga yang rendah masuk ke pasar lokal saja.

Untuk menghindari hal tersebut kami mempunyai tips untuk para petani jeruk pamelo dimanapun anda berada.

1Menggunakan Sarung Pembungkus Buah / Fruit Cover

Cara ini terbilang mudah, kita hanya butuh sedikit modal untuk membeli pembungkus buah, pembungkus buah seperti gambar di bawah ini.




Sobat petani bisa membeli pembungkus buah untuk jeruk pamelo madu ini di toko online seperti BUKALAPAK atau TOKOPEDIA
Untuk harganya tergantung dari ukuran pembungkus yang kita beli.

Untuk jeruk pamelo madu biasanya kami menggunakan ukuran XL dan XXL mengingat ukuran buah jeruk pamelo madu ini yang cukup besar bisa mencapai berat rata rata 1,5 kg sampai 2 kg bahkan 3 kg per biji sehingga dibutuhkan pembungkus yang cukup besar agar perkembangan buah bisa maksimal.


Saat paling tepat untuk mulai membungkus buah jeruk pamelo madu ini adalah saat bakal buah masih sebesar biji jagung, yaitu buah yang berumur 1 minggu setelah keluarnya bunga dan sudah diserbuk oleh serangga.

Biasanya lalat buah mulai menyerang saat bakal buah masih sebesar kelereng, jadi untuk mencegahnya kita harus lebih cepat dari si lalat.

Saat membungkus kita juga bisa sekaligus menyeleksi bakal buah untuk penjarangan buah, pilih 2-3 bakal buah dalam satu tangkai untuk mendapatkan kualitas buah yang bagus, karena apabila dalam satu tangkai buah terdapat banyak buah makan buah jeruk pamelo madu yang dihasilkan akan berukuran kecil bahkan bisa kurang dari 1 kg per biji.


Setelah buah jeruk pamelo madu dibungkus selanjutnya kita tunggu hingga buah siap petik dalam waktu 6-7 bulan berikutnya.
Fruit cover ini akan bertahan hingga 2 kali pemakaian menurut pengalaman yang kami lakukan di kebun, biasanya fruit cover mudah rusak saat musim penghujan karena bahanya yang mudah sobek saat terkena air.



Untuk videonya bisa di lihat di chanel youtube kami di bawah ini,
Jangan lupa like dan subcribe ya, trimakasih semoga mengispirasi.


Post a Comment

Previous Post Next Post