Jeruk Pamelo Pati ( PAMELO MADU) VS Jeruk Pamelo Kudus ( PAMELO MURIA )



Mungkin sebagian orang pernah mendengar “jeruk pamelo muria” , jeruk bali yang satu ini memang sempat menjadi buah bibir tatkala pada tahun 2006 tepatnya pada Gelar Promosi Agribisnis II Soropadan 2006 (9/7/2006) di Temanggung, jeruk Pamelo ini menjadi salah satu buah andalan yang di display oleh stand Dispertanak Kabupaten Kudus. Tapi yang menarik, dalam event yang sama ada pula stand pameran yang menampilkan produk buah yang sama yaitu dari seorang penangkar Jeruk bali Madu dari kabupaten Pati bernama Sukir.



Jeruk bali atau yang lebih pupuler disebut Jeruk pamelo memang menjadi buah yang sangat popular di Jawa tengah, karena disamping manfaatnya untuk kesehatan, buah jeruk Pamelo juga bernilai ekonomis tinggi, terutama bagi petani yang menanamnya sehingga banyak pihak kala itu yang mengklaim bahwa Jeruk Pamelo tersebut  berasal dari daerahnya. Hingga pada akhirnya pada tahun 2008 Bupati Pati Tasiman resmi mempatenkan nama jeruk bali madu pada Kementrian Pertanian Republik Indonesia.
Kudus yang lebih di kenal sebagai kota kretek juga mempunyai Varietas jeruk yang sama karena secara geografi letak antara Kabupaten Kudus dan Kabupaten Pati yang bersebelahan sehingga penyebaran tanaman jeruk ini juga sampai di daerah sekitarnya.

DUA NAMA SATU RASA, !! MANA YANG ASLI ??

Pada tahun 2006 tepatnya saat diadakanya Event Gelar Promosi Agrobisnis II Soropadan di Temanggung Jawa Tengah, di sana ada dua stand promosi yang memamerkan dan menjual buah jeruk bali, yakni stand Dispertanak Kabupaten Kudus dan Stand Mitrabuana Nursery yang di miliki Sukir, keduanya sama – sama mengklaim bahwa buah tersebut asli berasal dari daerahnya hingga membuat bingung para pengunjung yang saat itu datang dari berbagai penjuru Nusantara, karena event tersebut di ikuti oleh berbagai instansi dan wirausahawan yang berasal dari seluruh Indonesia khususnya yang bergerak dalam bidang Pertanian.
Para pengunjung sempat bertanya – Tanya ,”rasanya sama tapi kok namanya beda?, yang mana yang asli?”. Para pengunjung yang tertarik membeli buah jeruk bali ini lebih memilih stand milik Sukir (Penangkar buah Jeruk Bali Madu ) karena di stand ini khusus menjual dan memamerkan Buah dan bibit Jeruk bali madu.
Dalam hal rasa, jeruk bali dari kedua wilayah tersebut memang tidak jauh berbeda, sama – sama manis tanpa rasa asam, tapi apabila di perhatikan secara cermat, Jeruk Bali Madu dari Pati tidak mempunyai biji, sedangkan jeruk bali dari Kudus terdapat biji di dalamnya, hal ini dikarenakan jeruk bali yang tumbuh di wilayah Kudus berada pada ketinggian diatas 350 m Dpl tepatnya di lereng Gunung Muria, sedangkan jeruk bali Madu yang tumbuh di wilayah Pati berada di kisaran ketinggian 300 m dpl yang memang ideal bagi pertumbuhan pohon jeruk bali (dari berbagai sumber).
Jadi Mana yang Asli ?? jika anda penasaran bisa datang langsung ke Pati atau Kudus dan Petik buahnya di pekarangan saya. 

ASAL USUL JERUK BALI MADU dan JERUK BALI MURIA
Pada artikel berikutnya saya akan membahas tentang asal usul jeruk bali Madu dan Jeruk Bali Muria.

Post a Comment

Previous Post Next Post